Selamat Datang di www.discoveryrambang.blogspot.com,blog sederhana kami. Hubungi kami jika anda memerlukan jasa kami --------- arwin Hp.(085366646811),EMail :arewind99@gmail.com----------- Sukses!!!!!!!!!

Sabtu, 23 April 2011

deskripsi wilayah kec. rambang

Dengan adanya pemekaran wilayah dan otonomi daerah, maka diberikan seluas-luasnya kepada daerah untuk mengelolah dan mengurus rumahtangga sendiri bagi wilayah -wilayah yang dianggap mampu dan sanggup untuk memberikan pelayanan publik kepada ruang lingkup wilayah masing-masing. salah satu pemekaran kecamatan tersebut adalah kecamatan rambang, yang dulu masih bergabung dengan rambang lubai. sekarang kecamatan rambang berdiri sendiri dengan ruang lingkup meliputi desa-desa yaitu suka merindu, sugihan, tanjung dalam, tanjung raya, pagar agung, sugihwaras. sumber rahayu (trans I dan II ). dan camat rambang pun sekarang sudah orang rambang asli ( bpk Drs. Suyamin)
seiring perkembangan jaman, sekarang kecamatan rambang sudah mempunyai dua SMP N (SMPN 1 di sugih waras dan SMPN 2 di sugihan) dan satu SMA N 1  di tanjung raya. sebenarnya sejak dulu sudah ada SMP-SMP pelopor sebelum ada SMP N (kalau g slh SMP CENDEKIA dan SMP di trans , tp g tau lg gmn nasib SMP pelopor ini).
masyarakat mata pencaharian masyarakat rambang adalah petani karet (dulu sebelum karet berjaya sempat terdengar tanaman yang diunggulkan adalah kopi) tapi seiring konsumerisasi yang terus meningkat , masyarakat kebanyakan hanya menanam karet sebagai tanaman utama di samping tanaman padi darat, dengan mayoritas agama adalah islam. corak seni dan budaya tiap desa sangat berbeda, mempunyai ciri khas tersendiri terutama dialek bahasa( bisa di lihat dari cara bicara).
bersyukur sekarang kecamatan rambang terkena dampak imbas dari mahal nya harga karet dunia sehingga mengakibatkan dampak kehidupan ekonomi yg lebih baik, bisa dilihat dari tingkat perekonomian masyarakat. masyarakat rambang terbuka dengan kemajuan teknologi, masuknya budaya luar dengan mudah di tiru oleh masyarakat seiring dengan sudah banyak nya masyarakat yang sudah dan dapat mengenyam pendidikan yang tinggi ( dulu masih ingat masih bisa dihitung dengan jari orang yang bisa mengenyam bangku kuliah) dikarenakan perekonomian yang kurang mendukung untuk biaya pendidikan, (balam maseh murah).
senang juga akhirnya rambang-ku bisa maju, rata-rata tiap desa sudah banyak yang bisa kuliah, ini menunjukan kemajuan yang sangat pesat, mudah-mudahan ini cara untuk membangun rambang lebih baik kedepan, bisa menyikapi perkembangan teknologi dengan bijak.
rambang, sesuai dengan nama sungai yang ada dan melintasi setiap desa yaitu sungai rambang, sungai ini banyak memberikan nadi kehidupan bagi masyarakatnya. (ingat pepatah lama"mun la temandi ke aek rambang, susah untuk melupekan rambang" ) mudah2an rambang kan tetap terkenang walau kita terpisah-pisah ("bumi rambang janganlah di lupe walau kite pencaran jaoh..")
salut, bravo rambang..........!!!

4 komentar:

  1. au re setuju aku...
    maseh tula re nggo jaoh ndai rambang, maseh nak makan takhok tutok tula..
    tapi re mon pede aku kurang galak...
    pedie re bravo??

    BalasHapus
  2. benah re.. kadang sumang ngan masak an duson hehehehe...
    bravo tu re...mun dek salah base argentina ape itali retinye "semangat" !! thanks re la singgah ke panggung ume ku!!

    BalasHapus
  3. tp sayang re.. ade ye kurang..
    kupi dek metu..
    trims la nerime..

    BalasHapus