Selamat Datang di www.discoveryrambang.blogspot.com,blog sederhana kami. Hubungi kami jika anda memerlukan jasa kami --------- arwin Hp.(085366646811),EMail :arewind99@gmail.com----------- Sukses!!!!!!!!!

Senin, 18 April 2011

catatan kaki "arwin demo"

berangkat dari memberanikan diri untuk mempublikasikan apa yang ada dan mengangkat fenomena - fenomena yang sedang hangat, sejalaan dengan kemajuan zaman yang semakin menuntut kita untuk lebih bijak, efesien dan efektif. 
nama saya arwin demo, anak ke 6 dari 6 bersaudara dari keluarga sederhana, lahir di desa pagar agung, rambang (dulu msh bergabung dg rambang lubai). desa pagar agung, sebuah desa yg secara administratif termasuk dalam wilayah muara enim, namum secara ekonomi sudah ketergantungan dengan prabumulih (org tau nya dengan kota nanas dan banyak nanas, tp sekarang bisa dihitung dng jari masyarakat/petani yang menanam nanas, itu pun sbg sampingan dari tanaman pokok karet dan sawit )
nama "bak" saya ARSONO dan "umak" AYUNUNSIA.sekarang sudah usia lanjut, berkat perjuangan dan usaha kedua orang inilah saya bisa menikmati dunia yg sebelumnya tak terbayangkan akan menjadi seperti ini. perjuangan dan semangat hidup beliau yang sampai sekarang ini menjadi inspirasi ku untuk tetap berfikir maju, bagaimanapun caranya. (sare pangkenye anak tukang takok ndak jadi wang penoh dengan ilmu, memandang dunia dengan senyuman). begitu banyak pengorbanan yg harus keluar, rasanya tak sanggup dan tak kan terganti kan posisi dua orang ini oleh siapapun. aku salut !!!
saya menempuh pendidikan SD di desa pagar agung, SD satu-satunya di desaku (skrng sdh 2 SD) masih ingat dulu, tiap pagi2 buta aku dan kakak ku harus pergi ke sungai "tuman" untuk mandi pagi sebelum berangkat ke sekolah, dulu blm ada handuk cuma sarung yang di lap kan ke badan dan mandinya pun cuma sekedar basah badan dan kepala, boro2 pake sabun kayak sekarang wkwkwkwkkwkwk....dekil dan kumalnya dulu hehehehe...waktu bermain kami di habiskan banyak dengan alam, mainan buatan sendiri misal mobilan dari buah jarak, mencari buah-buah yang ada di hutan, mandi si sungai sambil main peperangan (sak sipat an ngan tanah liat ), pakaian sekolah pun seadanya senin sampai sabtu cuma putih dan merah saja (itu pun satu-satunya so nyucinya seminggu sekali hahahahahaha...), blm ada baju pramuka dan batik sekarang ini.
enam tahun sudah menjalani SD,siap untuk melanjutkan ke SMP, saya SMP melanjutkan di SMP negeri 1 talang ubi pendopo (kebetulan disana ada ayuk  yang nomor dua"ASNA MARLENI" (dialah yg bnyk berjasa dalam menanamkan nilai-nilai dalam masa pertumbuhan,tiga tahun disana g terasa tamat juga SMP ku, setahu saya teman-teman sepergaulan dulu tamat SMP sudah banyak yg sudah menikah(dulu untuk sekolah susah karena harga karet msh murah, kalaupun ada cm segelintir, tpi ada juga ortu nya toke tapi anaknya yg g punya niat dan kemauan untuk sekolah so kebanyakan sudah tamat SMP langsung berkeluarga (ada istilah duson " mbuka ume libah-libah engke pacak beduit mun beduit ndak pedie pacak gale) ada niat untuk melanjutkan SMA di PALEMBANG, ku utara kan niat itu ke bak ku, ternyata di restui. aku SMA di Bina Warga 2 dan tamat tahun 1999 !
setelah itu, ini masa-masa yang sangat membingungkan..mau apa dan kemana aku tak tahu...tamat SMA g ada kegiatan, maen dan cuma maen. terbersit niat di hati untuk kuliah,walau aku tahu entah biaya dapatnya darimana tp niat besar di hati terlalu besar dan berharap (dimana ada niat disitu ada jalan). terakhir pendaftar UMPTN aku ndaftar, g terlalu yakin lulus apa g , pas pengumuman ada namaku di sana, alhamdulillah..senangnya. aku lulus di universitas bengkulu dengan jurusan fisip sosiologi. segera aku berangkat ke bengkulu g tau.. siapa yg dituju dan tempat siapa aku g tau..yg jelas aku harus registrasi dulu sebagai mahasiswa. baru mikirkan cari temnpat kost an dan lain-lainnya.
di sinilah awal pembentukkan jati diri ku, dibekali dengan ilmu-ilmu sosiologi dan pematangan pemahaman sosial, mengacu dan menganut ilmu dari para pendahulu sosiologi. masih ingat dulu...saat-saat susah...di ujung bulan kiriman belum datang ( uang yang dkirim pun pas-pas an ) so harus benar2 bisa mengirit dan membaginya. tak jarang aku kelaparan tapi rasa lapar itu hilang dengan semangat yang besar, di ujung-ujung semester akhir ku, dengan sisa-sisa tenaga ku, ku kumpulkan tenaga dan fikiranku, bagaimana pun cara nya aku harus tamat kuliah, mau tidak mau harus tamat ! akhirnya...awal tahun 2006, aku diwisuda dengan dihadiri oleh kedua orangtua dan kakak-kakak ku, aku tersenyum dengan melihat wajah bahagia di kedua orangtuaku. alhamdulillah..sebuah kenyataan yang sulit bagi saya seorang anak petani bisa menjalani dan mengenyam pendidikan setinggi ini. ini yang membuat aku salut dengan kedua orang tuaku, g peduli badan sakit, panas matahari, beban yg sarat dan payah tapi kau tetap memikirkan anaknya. tak lain cuma anaknya...(bersambung) next entri....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar